Lubuklinggau, Sereh Wangi dan Wisata Kuliner

  • Home
  • Artikel
  • Lubuklinggau, Sereh Wangi dan Wisata Kuliner

Kota Lubuklinggau merupakan salah satu kota setingkat kabupaten terletak paling barat dari wilayah Propinsi Sumatera Selatan. Luas wilayah daerah ini berdasarkan Undang-undang No. 7 tahun 2001 adalah 401,50 Km2 atau 40.150 Ha dan berada pada ketinggian 129 meter di atas permukaan laut.

Secara administratif  Kota Lubuklinggau mempunyai batas-batas sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara : berbatasan dengan Kecamatan   BKL. Ulu  Terawas,  Kabupaten   Musi  Rawas
  2. Sebelah Timur : berbatasan dengan Kecamatan Tugu Mulyo dan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas
  3. Sebelah Selatan : berbatasan dengan Kecamatan  Muara Beliti  Kabupaten Musi Rawas dan Propinsi Bengkulu
  4. Sebelah Barat : berbatasan dengan Propinsi Bengkulu

Salah satu perkebunan Sereh wangi dikembangkan  oleh PT Nansuko Linggau Bisa  dan memiliki luas 48 hektar. Bahkan, julukan sebagai Kota Sereh Wangi diharapkan dapat terwujud.

Kebun Sereh Wangi diharapkan sebagai solusi bagi petani karet yaitu pengalihan dari tanaman karet jadi sereh wangi, menjadikan sentra penyulingan, yang saat ini sudah bisa menghasilkan minyak.  Minyak sereh wangi yang dihasilkan dari penyulingan ini dijual Rp 350 ribu per kilogram. Ke depan, dinas terkait akan membuat industri hilir dan menggelar pelatihan untuk menyulap sereh wangi menjadi sabun atau produk lain.

Saat ini, perkebunan ini dikelola oleh 50 orang petani. Artinya ini sudah mampu membantu pendapatan 50 keluarga yang ada di Lubuklinggau dengan sistem bagi hasil.mKe depan juga Lubuklinggau menjadi salah satu kota tujuan tempat belajar penanaman sereh wangi.

Buah Tangan Khas Lubuklinggau

Kopi Durian Lubuklinggau

Kopi durian merupakan kopi hasil dari perpaduan antara buah kopi dan buah durian. Resep ini di temukan oleh Bapak Madian, warga kelurahan Mesat Seni, Lubuk Linggau, Sumsel. Kopi ini telah melalui beberapa kali percobaan sehingga menghasilkan rasa yang enak dan mantap hingga menambah list baru bagi para penikmat kopi. Unit usaha tersebut telah menjadi industri rumahan yang berhasil di Lubuklinggau. Hingga mampu memberikan kontribusi secara ekonomis terhadap masyarakat setempat.

Hasil olahan kopi dari industri rumah tangga khas Bumi Sebiduk Semare ini dengan produknya kopi durian, mampu membuahkan hasil yang sangat menjanjikan. Bukan hanya di Indonesia, pemasaran kopi durian ini mampu menembus pasar ekspor hingga Australia. Inovasi semacam ini diharapkan dapat menular untuk pengembangan komoditi lainnya. Kopi durian yang akan dijadikan trandmark asli Lubuklinggau ini telah dikenal luas di kalangan pejabat teras Indonesia lainnya. Pengembangam serta inovasi semacam ini sangat dibutuhkan dalam menyikapi persaingan secara global.

Kain Songket Durian

Rumah produksi batik di Kota Lubuklinggau dan Madani Workshop Batik dan Songket Duren khas Kota Lubuklinggau berada di Kelurahan Aumula Rahayu Kecamatan Lubuklinggau Selatan II. Pembuatan songket durian kita menggunakan bahan-bahan yang terbaik dan bahan pilihan.

Ikan Asap Inti

Ikan asap inti adalah produk makanan berupa ikan yang dimasak melalui proses pengasapan yang berkualitas dengan mengutamakan rasa dan kesehatan, pengolahan dari ikan segar yang dipilih melalui standar mutu yang terus dijaga. Untuk saat ini produk yang tersedia adalah ikan patin asap yang standard dan Fillet patin asap yang telah dibumbui, dalam waktu dekat akan disediakan juga dalam bentuk ikan lele serta ikan nila dengan menggunakan variasi bumbu yang berbeda.Produk ikan asap INTI telah memperoleh BPOM Depkes PIRT yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan

Pariwisata

Kota Lubuklinggau mempunyai beragam potensi objek wisata bagi para wisatawan baik lokal maupun dari luar kota Lubuklinggau , di antaranya :

Kampung Warna dan Warni

Terletak tepat di kawasan pemukiman padat penduduk Daerah Aliran Sungai (DAS), Kelurahan Linggau Ulu, Kecamatan Linggau Barat I, dan juga di Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Utara II, Kota Lubuk Linggau.

Air Terjun Temam

Air terjun temam berbentuk seperti tirai melebar dengan tinggi 12 meter di kelilingi dengan batuan alam dan pepohonan hijau.

Masjid Agung AsSalam dan Taman Kurma Kota Lubuklinggau

Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan tak sekadar menjadi tempat ibadah umat Islam. Masjid ini juga dijadikan salah satu kawasan wisata religi terbaik di Sumatera Selatan. Lokasi masjid Agung As-Salam ini terletak persis di jatung Kota Lubuklinggau. Masjid ini merupakan yang terbesar di kota Lubuklinggau.

Bendungan Watervang

Watervang adalah sebuah bendungan peninggalan kolonial Belanda sejak tahun 1941 di Lubuklinggau, Sumsel. Bendungan ini lebih dari sekedar tempat penampungan air. Wisatawan yang datang bakal takjub dengan pemandangannya.

Kompilasi by : Nukila Evanty For Education Purpose Only

Sumber:

https://palpos.id/2019/03/27/bangun-industri-hilir-produk-sereh-wangi/

http://lubuklinggaukota.go.id/public/static/43/Produk%20Unggulan

Leave A Reply